• Pertemuan Forum Mahasiswa Ekonomi Bogor

    Date: 2012.04.21 | Category: MHE | Tags:


     Sabtu, 24 maret 2012, telah dilaksanakan pertemuan Forum Mahasiswa Ekonomi Bogor (FMEB) yang bertempat di ruang Kenanga, departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Acara tersebut dihadiri oleh enam dari delapan anggota FMEB, diantaranya dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Pakuan, Universitas Juanda, Universitas Ibnu Khaldun, STEI Tazkia, dan STIE Pandu Madaniyah, sedangkan Universitas Kesatuan dan Kalpataru tidak dapat hadir. Ini adalah pertemuan perdana FMEB pada tahun 2012 dikarenakan sempat vakum pada tahun 2011. Pertemuan kemarin membahas tentang kesepakatan bersama keberlanjutan FMEB kedepannya. Acara tersebut juga dihadiri oleh Aryo Bismoko Sandjoyo, ketua BEM FEM IPB 2009/20120 sekaligus koordinator pusat FMEB tahun 2010 sebagai pembicara pada forum ini. Acara tersebut diselenggarakan atas kesepakatan seluruh anggota FMEB, dengan sebagai ketua pelaksana kegiatan  Sanjoyo Yanuwar mahasiswa Manajemen 47, pembawa acara Glerina Thirvidita mahasiswa Manajemen 46 dan moderator Aprilliana mahasiswa Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 46.

    Aryo Bismoko Sanjoyo menyampaikan pembentukan FMEB bertujuan untuk menyatukan pergerakan mahasiswa didaerah Bogor, dengan penyatuan tersebut diharapkan pergerakan dapat lebih terarah dan memberikan hasil yang lebih optimal. FMEB juga dijadikan sebagai sarana kontribusi pemikiran ekonomi yang berkualitas dan bermanfaat bagi Indonesia dan Bogor pada khusunya. Beliau menyampaikan sejarah terbentuknya FMEB, anggota FMEB, pertemuan yang sudah dilakukan dan hasil yang sudah didapat.

    Setiap anggota yang hadir dalam pertemuan tersebut aktif dalam menyampaikan aspirasinya. Seperti misalnya dari universitas Ibnu Khaldun, menyarankan perlu adanya fiksasi arah FMEB, ranah pergerakan perlu diperjelas sehingga pergerakan yang akan dilakukan lebih fokus dan sesuai sasaran. STIE Pandu Madaniya menambahkan, FMEB diharapkan dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah, sebagai jalan pergerakan selain demontrasi, melalui kajian dan dialog diharapkan kebijakan yang dikeluarkan semakin memihak kepada kepentingan rakyat, dan banyak aspirasi dari perguruan tinggi lainnya.

    Banyak perguruan tinggi yang masih belum menentukan sikap terkait keberlanjutan FMEB, maka diberikan waktu selama 30 menit untuk berdiskusi sekaligus menjalankan sholat ashar.Diskusi kemudian dilanjutkan pukul 16.00 untuk menyampaikan sikap masing-masing institusi mengenai keberlanjutan FMEB dan secara keseluruhan peserta forum menyetujui untuk melanjutkan FMEB dan dibentuk koordinator kampus untuk membahas platform dan kesepakatan bersama lainnya. Pertemuan koordinator kampus akan dilaksanakan hari minggu tanggal 1 april 2012 di Universitas Juanda pukul 13.00. Setelah didapat hasil tersebut, kemudian forum ditutup pukul 17.00 dan diakhiri dengan sesi foto bersama.